Inilah Media Sosial yang Mendukung Bisnis Online
Sudah tak
diragukan lagi, fungsi jejaring sosial sekarang telah beralih dari ajang
pertemanan menjadi arena untuk berbisnis.
Seperti
dilansir dari CNN Money, sejauh ini hampir 75% pebisnis kecil tercatat telah
memanfaatkan media sosial guna memperlancar usahanya.
Buktinya
di Indonesia, Anda bisa menemukan banyak produsen atau sales yang memasarkan
produknya lewat Facebook. Sejumlah foto berisi contoh gambar produk dan daftar
harga banyak terpampang di media sosial tersebut.
Memang,
banyak orang yang mengakui keampuhan penggunaan media sosial dalam meningkatkan
prospek bisnis yang tengah dijalani. Maka bagi Anda yang ingin berbisnis lewat
media sosial, berikut enam situs dan cara terbaik untuk menggunakannya:
1.
Facebook
Facebook
salah satu jaringan sosial terbesar. Di Facebook Anda dapat membagi isi,
percakapan, menciptakan acara, dan menyebarkan iklan. Setiap orang pun dapat menggunakan
Facebook. Dengan situs media sosial ini, Anda dapat membangkitkan dan membina
hubungan dengan klien yang potensial.
Lalu
bagaimana memaksimal jangkauan Anda? Joe DiNardo dari Blue Fontain Media di
kota New York menuturkan, ketika memposting sesuatu di halaman Facebook maka
Anda dapat menambahkan nilai di halaman Facebook.
Anda
dapat menambahkan ulasan singkat mengenai bisnis Anda, dan menghubungkannya
dengan berita industri.
Lalu Anda
meminta kepada pengguna untuk umpan balik posting gambar berbagai cerita dunia
nyata tentang perusahaan Anda mengenai tantangan. Selain itu, dapat terhubung
dengan Anda dalam tingkat pribadi sehingga membuatnya semakin besar untuk
mendapatkan klien.
Meski
demikian, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yaitu jangan beriklan
langsung di halaman Anda. Hal itu dapat membuat orang tidak menyukainya.
Sementara Facebook, tempat baik untuk mengatasi keluhan pelanggan, tetapi tidak
terllibat dalam diskusi yang panjang.
"Cobalah
untuk membawa keluhan ke dunia Anda, dan merespon secara pribadi, tetapi hanya
merespon sekali," tutur Don Sorensen, Pendiri Big Blue Robot.
2.
Twitter
Salah
satu situs yang hanya menampilkan pesan sebanyak 140 karakter atau kurang. Anda
dapat menggunakan situs ini untuk mempromosikan acara, berita, membangun basis
pelanggan Anda dengan mengembangkan percakapan. Anda dapat menunjukkan keahlian
Anda.
Orang
yang menggunakan Twitter biasanya hanya beberapa jam per minggu untuk membaca,
mengirim dan mencari pesan. Untuk memaksimalkan jangkauan Anda, maka gunakan
simbol hashtag atau pilihan pencarian lanjutan untuk menemukan pertanyaan yang
berhubungan dengan bisnis Anda.
"Dengan
membantu dan meningkatkan keterlibatan dengan pembaca maka itu dapat berubah
menjadi pelanggan," tutur Dinardo.
Jika
pembaca percaya keahliaan Anda, maka mereka lebih cenderung mengunjungi situs
web Anda. Twitter juga baik untuk mengumumkan kesepakatan khusus dan penawaran.
Sebaiknya
Anda juga jangan terus menerus untuk melakukan retweet. Coba hati-hati membaca
artikel sebelum Anda retweet untuk memastikan Anda merasa nyaman dengan ide
yang Anda sampaikan. Selain itu, hati-hati dengan waktu karena itu mudah
hilang.
3.
LinkedIn
Ini situs
tempat terbesar untuk resume, dan membaca blog berorientasi karir dan artikel
berita. Situs ini baik digunakan untuk mempekerjakan, dan jaringan untuk
mengjangkau klien potensial. Setiap orang pun dapat menggunakan situs ini
terutama perusahaan mencari pelanggan baru.
Untuk
memaksimalkan jaringan ini, DiNardo menuturkan, Anda dapat menjalin hubungan dengan
karyawan potensial berkualitas tinggi. Bergabung dengan Linkedln juga
berhubungan dengan perusahaan.
Sebaiknya
Anda juga jangan terlalu banyak menghabiskan waktu dengan menawarkan produk dan
jasa.
4.
Youtube
Situs ini
memiliki lebih dari 1 miliar pengunjung yang unik setiap bulan. Anda dapat
menggunakan situs ini membangun kredibilitas dengan menampilkan pengetahuan dan
keterampilan.
Setiap
orang dapat menggunakan situs ini. Penasehat keuangan, pengacara, dan
profesional pemasaran dapat merekam sendiri menawarkan tips berharga, dan
perusahaan periklanan untuk menampilkan kreativitas mereka.
Untuk
memaksimalkan situs ini, Liz Joste, co-owner of Eli Rose Social Media
menuturkan, buatlah daftar dari 10 pertanyaan yang paling sering ditanyakan
dalam industri Anda, dan film sendiri menjawab mereka. Lalu pastikan
mengoptimalkan video dengan kata kunci sebanyak mungkin.
Sebaiknya
Anda juga jangan memposting video panjang, di bawah satu menit. Lalu fokus pada
satu pertanyaan atau isu untuk satu video. "Tambahkan URL perusahaan Anda
dan lin ke semua akun media sosial lainnya ke saluran Youtube," tutur
Jostes.
5.
Pinterest
Situs ini
menjadi tempat untuk membuat dan berbagi link berpusat untuk tema visual.
Sebaiknya situs ini mempromosikan merk Anda kepada khalayak perempuan.
Para
pedagang, produsen dan situs perjalanan dapat menggunakan dengan meminjamkan
mereka menjadi gambar.
Anda
dapat menggunakannya dengan membuat deskripsi yang menarik sehingga orang dapat
mencarinya. Meski demikian, sebaiknya jangan mengumbar mengenai buku favorit,
fashion dan foto perjalanan Anda. Lalu jangan gunakan gambar hak cipta untuk
membuat pin.
6. Instagram
Dengan
aplikasi ini Anda dapat menerapkan efek berseni untuk foto Anda. Anda dapat
menggunakan aplikasi ini dengan mempromosikan merek Anda melalui gambar. Hotel,
restoran, perusahaan produk konsumen, dan perusahaan lain dapat menggunakan
foto ini.
Menurut
data SumAll, pendapatan yang dihasilkan oleh pengikut Instagram adalah 10 kali
lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seorang pengikut Twitter. Jostes pun
merekomendasikan untuk menggunakan hashtag untuk mencari foto produk Anda.
Sebaiknya
Anda juga jangan membiarkan akun Anda tidur. Perbaharui dengan gambar baru
setidaknya setiap minggu.
Selamat Mencoba
0 komentar